1. PENGERTIAN ANIMASI
Pengertian Animasi adalah gambar yang bergerak yang berasal dari kumpulan berbagai objek yang disusun secara khusus sehingga bergerak sesuai alur yang sudah ditentukan pada setiap hitungan waktu. Objek yang dimaksud adalah gambar manusia, tulisan teks gambar hewan, gambar tumbuhan, gedung dll.
Ada juga beberapa orang yang mendefinisikan animasi sebagai hasil pengolahan gambar tangan menjadi gambar bergerak yang terkomputerisasi. Dulunya proses membuat konten animasi memerlukan gambar tangan yang
dibuat hingga berlembar-lembar. Namun, dengan kemajuan di bidang
teknologi komputer animasi tidak lagi dibuat diatas kertas melainkan
langsung di komputer.
PENGERTIAN ANIMASI MENURUT PARA AHLI
- Menurut Vaughan (2004), animasi adalah usaha untuk membuat presentasi statis menjadi hidup.
- Menurut Agus Suheri pengertian animasi adalah kumpulan dari gambar yang sudah diolah sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan gerakan.
- Menurut Ibiz Fernandes pengertian animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serankaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan.
PRINSIP-PRINSIP ANIMASI
Setelah
memahami pengertian animasi, tentunya kita juga perlu mengetahui
prinsip-prinsip animasi. Ada dua belas prinsip animasi, diantaranya
adalah:
1. Kemampuan Menggambar (solid drawing)
Solid
drawing adalah kemampuan individu dalam membuat gambar dengan baik dan
benar, dan juga kemampuan dalam mengkomposisikan gambar sehingga
terlihat lebih nyata.
2. Menekan dan Melentur (Squash and Stretch)
Squash
and Stretch adalah membuat objek hidup ataupun objek mati terlihat
seolah-olah nyata sehingga terlihat bergerak secara realistis dan lebih
hidup.
3. Antisipasi (Anticipation)
Anticipation
adalah membuat gerakan pada sebuah objek secara berurutan sehingga
penonton dapat memahami dan menikmati animasi yang ditampilkan.
4. Tata Gerak (Staging)
Staging
adalah penataan gerak dengan membuat ekspresi pada karakter atau objek
dalam animasi sehingga penonton lebih mudah mengenalinya.
5. Straight Ahead and Pose to Pose
Ini
adalah langkah seorang animator bekerja, yaitu dengan terencana dalam
membuat gambar, membuat gerakan dan ukuran, yang dilakukan sejak awal
membuat animasi.
6. Gerakan Mengikuti
Ketika scene berhenti bergerak, karakter tidak berhenti secara tiba-tiba. Ini membuat sebuah animasi terlihat lebih realistis.
7. Slow In and Slow Out
Ini adalah pengaturan staging dan timing dari satu scene ke scene lainnya dalam sebuah animasi.
8. Konstruksi Lengkung (Archs)
Membuat
pergerakan tubuh karakter/ objek animasi terlihat lebih smooth.
Misalnya gerakan mahluk hidup atau gerakan benda-benda dalam animasi
terlihat lebih realistis.
9. Penentuan Waktu (Timing)
Ini adalah penentuan waktu yang tepat kapan suatu gerakan diberikan pada karakter/ objek dalam animasi yang dibuat.
10. Gerakan Pendukung (Secondary Action)
Ini adalah membuat berbagai gerakan pendukung untuk melengkapi karakter pada ekspresi ataupun aksi agar terlihat lebih nyata.
11. Melebihkan (Exaggeration)
Ini
merupakan upaya membuat suatu karakter terlihat lebih meyakinkan dalam
aksinya, misalnya membuat sebuah karakter menjadi lebih lucu.
12. Daya Tarik (Appeal)
Ini
merupakan kualitas dari animasi dimana penonton dapat menikmati gambar
yang memikat, desain yang bagus, punya daya tarik, dan kelebihan
lainnya.
JENIS-JENIS ANIMASI
Secara umum jenis animasi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:1. Animasi Berdasarkan Bentuk Karakter
a. Stop Motion Animation/ Claymation
Jenis
animasi ini pertamakali ditemukan oleh Blakton pada tahun 1906. Blakton
memanfaatkan tanah liat (clay) sebagai objek animasi.
Contoh
film yang memakai teknik animasi clay adalah film Chicken Run dan Shaun
the sheep. Tentu saja bahan yang digunakan bukanlah tanah liat biasa
tapi palasticin, yaitu bahan yang elastis/ lentur.
b. Animasi 2 Dimensi (2D)
Animasi
2D kita kenal dengan kartun (cartoon), yaitu kumpulan gambar-gambar
lucu dalam film animasi untuk menghibur penonton. Beberapa contoh film
kartun misalnya; Donal Bebek, Tom & Jerry, dan lain-lain.
c. Animasi 3 Dimensi (3D)
Teknologi
berperan besar bagi kemajuan animasi, khususnya teknologi komputer.
Animasi 3D adalah pengembangan dari animasi 2D dimana objek dalam
animasi menjadi terlihat lebih hidup.
Film-film
animasi yang kita lihat saat ini sudah menggunakan animasi 3D dan CGI
(Computer Generated Imagery). Misalnya; Finding Nemo, Toy Story, dan
lain-lain.
d. Animasi Jepang (Anime)
Film
animasi Jepang (anime) sangat disukai berbagai kalangan di dunia dari
segala usia. Beberapa anime Jepang yang sangat populer misalnya One
Piece, Slam Dunk, Naruto, dan lain-lain.
2. Animasi Berdasarkan Teknik Pembuatannya
a. Animasi Cell
Berasal
dari kata “Celluloid”, ini merupakan teknik membuat film animasi yang
cukup populer. Animasi cell biasanya merupakan lembaran-lembaran yang
akan membentuk animasi tunggal. Jadi masing-masing cel merupakan bagian
terpisah. Misalnya objek dan latar belakangnya terpisah, sehingga bisa
bergerak secara mandiri.
b. Animasi Frame
Animasi
frame adalah animasi yang menggunakan rangkaian gambar yang ditunjukan
secara bergantian. Contoh sederhananya, seperti saat kita membuat
gambar/ objek yang berbeda-beda pada lembaran-lembaran buku, lalu
membuka buku tersebut secara cepat dengan jari maka gambar tersebut akan
terlihat seolah-olah bergerak.
c. Animasi Sprite
Animasi
sprite menggunakan latar belakang diam lalu gambar digerakkan di bagian
depan. Teknik ini adalah bagian dari animasi yang bergerak secara
mandiri, misalnya seperti burung terbang, planet yang berotasi, bola
yang memantul, logo yang berputar, dan lain-lain.
d. Animasi Path
Teknik
animasi path adalah animasi dengan menggerakkan obyek di sepanjang
garis yang ditentukan sebagai lintasan. Contohnya dalam pembuatan
animasi kereta api, pesawat terbang, lain-lain yang membutuhkan lintasan
gerak tertentu.
e. Animasi Vektor
Teknik
animasi vektor mirip seperti animasi sprite, bedanya animasi sprite
menggunakan bitmap sedangkan animasi vektor menggunakan rumus matematika
untuk menggambarkan sprite-nya.
f. Animasi Spline
Teknik
animasi Spline merupakan representasi matematis dari kurva, sehingga
gerakan objek mengikuti garis berbentuk lurus dan berbentuk kurva.
g. Animasi Karakter
Teknik
animasi karakter umumnya ada di film kartun dan juga pada film animasi
3D. Dalam animasi karakter, semua bagian dalam animasi bergerak
bersamaan namun karakter setiap objek punya ciri dan gerakan yang
berbeda.
KESIMPULAN
Menurut saya animasi adalah kumpulan gambar yang disusun secara khusus sehingga dapat bergerak sesuai alur yang ditentukan pada setiap hitungan waktu. prinsip-prinsip animasi sangat banyak salah satunya berupa solid drawing,staging,slow in slow out. Dan juga jenis animasi sangat banyak seperti stopmotion,animasi terbuat dari 2 dimensi dan 3 dimensi. Animasi 2 dimensi contoh animasinya seperti Tom and Jerry dan Spongebobs Squarepants, dan sedangkan animasi 3 dimensi contohnya adalah Finding Nemo dan Toys Story.
2. PENGERTIAN DESAIN GRAFIS
Desain Grafis adalah sebuah bentuk media komunikasi visual yang
berbentuk gambar untuk digunakan sebagai penyampai informasi atau pesan
yang cukup efektif. Dalam dunia design grafis semua elemen baik itu
text, shape, tabel dan lain sebagainya dianggap sebagai sebuah gambar.
Hal ini dikarenakan elemen-elemen tersebut merupakan sebuah abstraksi
simbol - simbol yang tersembunyi.
Untuk membuat sebuah desain grafis, seseorang harus mempunyai sebuah
ketrampilan visual dan juga kemampuan kognitif diataranya adalah
fotografi, typografi, ilustrasi, pengolahan gambar dan juga tata letak
gambar. Hal ini sangat diperlukan agar dapat menghasilkan sebuah design
yang menarik, unik dan informatif.
PENGERTIAN DESAIN GRAFIS MENURUT PARA AHLI
- Menurut Suryanto, Desain grafis adalah Aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri.
- Menurut Warren, Desain grafis adalah Suatu terjemahan dari ide dan tempat kedalam beberapa jenis urutan struktual dan visual.
- Menurut Blanchard, Desain grafis adalah Suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan industri,seni, dan proses dalam menghasilkan gambaran visual pada segala permukaan.
PENERAPAN DESAIN GRAFIS
Desain grafis dapat menggunakan desain berbasis gambar yang melibatkan foto, ilustrasi, logo dan simbol, desain berbasis tipe, atau kombinasi dari kedua teknik tersebut. Desain ini bisa mencakup berbagai kombinasi elemen berikut.- Garis: Lurus, melengkung, bergelombang, tebal, tipis - bila sampai pada garis, kemungkinannya tidak terbatas. Baris memungkinkan perancang membagi ruang atau konten terpisah dalam tata letak. Mereka juga dapat digunakan untuk memandu mata pemirsa, atau membuat elemen lain mengikuti jalur strategis untuk menambah findability, agar pemirsa dapat dengan mudah dari titik A ke titik B.
- Bentuk: Bentuk menawarkan berbagai cara untuk mengisi ruang secara kreatif, untuk mendukung teks dan bentuk konten lainnya, dan untuk menyeimbangkan desain. Bentuk bisa dibuat dari ketiadaan, menggunakan ruang putih untuk memberi desain struktur dan kejelasan.
- Warna: Warna, atau tidak adanya warna, merupakan elemen penting dalam desain apapun. Dengan pemahaman teori warna yang solid, desainer dapat sangat mempengaruhi desain dan merek, memadukan warna dengan mulus atau dengan kehalusan yang cemerlang.
- Tipe: Tipe bisa mengubah pesan dari sekadar teks ke karya seni. Font yang berbeda, dikombinasikan dengan keselarasan, jarak, ukuran, dan warna yang disesuaikan, dapat menambahkan kekuatan ke titik yang Anda komunikasikan ke seluruh dunia.
- Tekstur: Bahkan iklan yang halus dan glossy bisa tampak nyata dengan tekstur. Ini memberi rasa permukaan sentuhan melalui tampilan visualnya dan menambahkan rasa kedalaman, disempurnakan dengan pemilihan kertas dan bahan yang sesuai.
JENIS-JENIS DESAIN GRAFIS
1. Desain grafis identitas visual
Sistem identitas visual adalah suatu sistem komunikasi visual yang membentuk identitas dari suatu perusahaan, lembaga, maupun produk.Identitas visual sering digunakan untuk membedakan suatu produk/ jasa dengan produk / jasa dari pesaing sehingga costumer akan dengan mudah mengidentifikasi suatu merek hanya dengan melihat sebagian dari tampilan visualnya.
Jadi jika anda ingin membuat suatu merk produk, anda sebaiknya melirik orang yang berfokus pada bidang ini.
2. Desain Antar Muka (User Interface)
Desain Antar Muka (UI) adalah bagaimana pengguna berinteraksi dengan perangkat atau aplikasi. UI mencakup semua hal yang berinteraksi dengan pengguna layar, keyboard, dan mouse.3. Desain grafis pemasaran & periklanan
Suatu perusahaan dengan suatu produk agar dikenal oleh masyarakat bergantung pada upaya pemasaran dan periklanan. Pemasaran dan periklanan bertujuan untuk membujuk setiap masyarakat mengambil keputusan untuk membeli suatu produk.Tentu konten visual yang menarik dan dengan ide yang cemerlang akan mempengaruhi orang dalam memutuskan untuk membeli sebuah produk.
Karena orang akan selalu menginginkan konten visual yang lebih menarik, desain grafis membantu organisasi mempromosikan dan mengkomunikasikan produk mereka.
4. Publikasi
Publikasi adalah bagian dalam industri desain grafis yang berkomunikasi dengan masyarakat melalui distribusi publik. Mereka sering disebut sebagai industri media cetak.Seperti buku, koran, majalah, dan katalog. Namun, baru-baru ini ada peningkatan signifikan dalam penerbitan digital.
Desainer grafis yang mengkhususkan diri dalam publikasi bekerja sama dengan editor dan penerbit untuk membuat tata letak dengan tipografi yang dipilih dengan cermat dan karya seni yang menyertainya, yang meliputi fotografi, grafik dan ilustrasi.
5. Motion Grafis
Secara sederhana, motion grafis adalah percabangan dari seni desain grafis yang merupakan penggabungan dari ilustrasi, tipografi, fotografi dan videografi dengan menggunakan teknik animasi bergerak.Ini dapat mencakup animasi, audio, tipografi, citra, video, dan efek lain yang digunakan dalam media online, televisi, dan film. Popularitas media telah meroket dalam beberapa tahun terakhir seiring dengan peningkatan teknologi dan konten video.
Contoh motion grafis adalah
- Iklan
- Logo animasi
- Cuplikan
- Presentasi
- Video promosi
- Video tutorial
- Situs web
- Aplikasi
- Video game
- Spanduk
- GIF
KESIMPULAN
Menurut saya Desain Grafis adalah berupa media visual yang bebentuk gambar untuk menyampaikan suatu informasi yang cukup efektif. Dalam Desain Grafis melibatkan ilustrasi-ilustrasi,foto dan simbol dan desain berbasis tipe. Didalam Desain grafis juga mempunyai jenis-jenis diantara lain, Desain Grafis identitas visual, Desain Grafis antar muka dan Desain Grafis pemasaran yang contohnya seperti iklan.REFERENSI
https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/pengertian-animasi.htmlhttp://effendikys.blogspot.com/2014/03/pengertian-animasi-ini-adalah_2902.html
https://www.utopicomputers.com/apa-itu-desain-grafis-berikut-adalah-pengertian-dan-jenisnya/
http://kiritouzumaki.blogspot.com/2017/02/pengertian-desain-grafis-menurut-para.html
https://fastwork.id/blog/jenis-desain-grafis/
http://duniaamarketing.blogspot.com/2017/10/pengertian-elemen-penerapan-desain-grafis.html
Foto
https://www.ixxiyourworld.com/en/products/ixxi-images/disney-mickey-mouse-animation/
https://film.avclub.com/toy-story-4-is-the-breeziest-but-also-the-strangest-ent-1835490558
https://www.google.com/search?q=finding+nemo&safe=strict&client=firefox-b-d&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjK3bqPsr_jAhXjjuYKHSUeCPwQ_AUIESgB&biw=1366&bih=664#imgdii=87etoAKPBY1YFM:&imgrc=cHcSUVefCxU_rM:
https://www.denofgeek.com/us/movies/animation/277000/tom-and-jerry-movie-release-date
Tidak ada komentar:
Posting Komentar